Saturday, January 3, 2009

Tips mempercepat Windows

1 comments
Post views: counter

Advertisement

Ada Banyak Penyebab kenapa windows kita terasa sangat lambat , baik saat start up ataupun selagi di gunakan , selain karena faktor spec dari komputer , juga bisa di sebabkan karena ketidakeffesienan kita dalam mengelola atau merawat Komputer itu sendiri , management file ,virus , spyware,malware, software atau aplikasi yang ada di dalam komputer juga sangat berpengaruh pada optimasi windows.
Berikut Beberapa tips untuk mengoptimalkan kinerja dari windows

Pastikan Anda menggunakan Antivirus yang terpercaya , dan selalu mengupdatenya secara berkala, hal ini untuk mencegah virus-virus yang akan menyerang komputer anda.sebaiknya jangan menginstall banyak antivirus dalam komputer.
Gunakan juga antispyware atau antimalware , untuk mencegah data anda di sabotase oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Lakukanlah perapian file baik secara manual maupun menggunakan tools windows (Defragment)secara berkala. untuk lebih memudahkan: caranya sebagai berikut : klik pada startmenu > all program > acceserois > system tools > Disk defragmenter.
langkah selanjutnya silahkan klik tombol defargment untuk direktory yang ingin di rapikan > misalnya di D atau C

Bersihkan komputer anda dari Junk file :
Semua aktivitas yang kita lakukan pada komputer akan terekam dan di simpan oleh system windows , Sebaiknya di hapus saja , karena semua file itu akan hanya menumpuk seperti sampah saja , caranya bisa anda hapus dengan cara manual , masuk ke explorer , tekan Ctrl+h , dan haspus semua History yang ada.
selanjutnya klik Windows Explorer dan cari folder C:\Windows\Prefetch
silahkan hapus semua file tersebut. selanjutnya anda bisa membersihkan registry dari junk file , tapi sebaiknya berhati-hati untuk membersihkan registry file , karena jika anda salah menghapus file , akibatnya justru windows bisa hang , tapi tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak sekali tools2 tweking untuk windows
beberapa di antaranya yang saya rekomendasikan yaitu
Ccleaner dan tuneup utilities.

Pastikan anda mematikan atau men-disablekan semua aplikasi dan service yang tidak di perukan di dalam komputer anda , Dan gunakanlah software yang memang anda perlukan saja.

Dan pastikan pula porgram atau software yang start up tidak terlalu banyak , karena hal ini akan menyebabkan windows akan sangat lambat pada saat start up.

Cara untuk melihat program atau software apa saja yang load pada saat startup , silahkan tekan kombinasi logo windows + R pada keyboard anda.atau dengan cara manual , klik start up dan klik RUN , setelah itu , ketik MSCONFIG pada text box yang keluar pada saat anda menekan atau mengklik RUN , setelah itu akan keluar "system configuration" Klik tab STARUP dan ceklist software atau aplikasi yang di rasa tidak terlalu penting , sebaiknya startup tidak terlalu banyak , pakai saja seperlunya. setelah itu , aplly , dan restart windows anda , Dan kinerja windows anda bisa di pastikan jauh lebih baik dari sebelumnya.

semoga bermanfaat..

Klik disini untuk mendownload Ccleaner
Klik disini untuk mendownload Tuneup Utilities

Advertisement

Related Posts :



Comments

1 comments to "Tips mempercepat Windows"

Anonymous said...
January 9, 2009 at 7:55 PM

saya sudah mencoba sebagiannya, terima kasih tips-2 nya.

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar dan tanggapannya ya,,

 

Copyright 2008 EndryBook@ All Rights Reserved Revolution Two by Brian Gardner Converted by Bloganol | Edited By Endry