Thursday, January 8, 2009

Cara Menambah RAM menggunakan Flashdisk

6 comments
Post views: counter

Advertisement

Setelah beberapa waktu yang lalu saya menulis artikel bagaimana mengoptimalkan kinerja komputer yang bisa anda baca disini dan tulisan tentang cara menginstall windows dengan menggunakan flashdisk, kali ini kita bahas tentang bagaimana cara menambah RAM dengan menggunakan Flashdisk. Loh,,,emang bisa...? ya iyalah...jelir

Memang sih ..bukan hal baru lagi Bagaimana cara menambah RAM atau Random Access Memory dengan menggunakan media Flashdisk , tapi mungkin masih ada yang belum tau caranya dan membutuhkan solusi.

Secara umum Random Access Memory (RAM), merupakan bagian memory yang bisa digunakan oleh user untuk menyimpan program dan data. Nah masalah akan timbul ketika data yang disimpan dan data yang di akses sudah tidak berimbang dengan kapasitas RAM atau memory itu sendiri, Biasanya yang terjadi, kinerja komputer akan lamban, solusinya terpaksa kita harus mengupgrade Memory atau RAM dengan kapasitas yang lebih tinggi, Nah,,kalo udah gini timbul masalah baru lagi,kenapa ? ya iya dong,,karena kita harus merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli RAm yang baru,,bisa ga jadi kencan tuh,,soalnya lumayan mahal harganya,Apa lagi RAM yang DDR 1 , waduwh,,ihikhik.

Tapi sekarang ga perlu bingung2 lagi , orang2 pinter di luar sana sudah memikirkan alternatif solusi untuk masalah seperti ini..salah satu caranya dengan memaksimalkan fungsi flashdisk.

Dalam windows vista yang di kenal sangat berat karena banyak menggunakan memory, Microsoft memasukan aplikasi yang dinamakan Readyboost.
aplikasi ini adalah aplikasi yg sengaja di tanam oleh pihak microsoft untuk meningkatkan performa dari windows vista sendiri..
karena untuk menjalankan windows vista diperlukan banyak memory.
Fungsi dari readyboost itu sendiri adalah,menambah kapasitas memory/ram dengan menggunakan UFD/flash disk.
disarankan menggunakan UFD yg besar kapasitasnya minimal 2 kali besar memory internal dari komp/NoteBook

cara penggunaanya pada vista sangat mudah..

klik kanan pada directory UFD anda,dan pilih properties-->readyboost-->pilih use the device-->atur spaca yg kita ingingkan,disarankan full/maksimal--->selessai.

Cuma yg perlu di perhatikan...tidak semua UFD yg mendukung aplikasi readyboost,sebaiknya kalo mau bli,di tannyakan dulu sama penjualnya,apakah sudah support readyboost atau belum.

Nah..untuk vista sudah selesai,silahkan dicoba sendiri ya...sekarang sy sedang tidak menggunakan vista,jadi kalo ada kekeliruan,di maklumin aja,tapi garis besar caranya seperti yg sudah saya terangkan..

Terus..bagaimana dengan yg menggunakan OS XP..

jangan khawatir...
ini sedikit petunjuk..

Untuk pengguna XP,kita harus menggunakan aplikasi tambahan..karena kalo di XP belum ada aplikasi ready boost..
salah satu softwarenya yang bisa menggantikan fungsi readyboost pada Vista adalah Eboostr.

nah apa aja kehebatan dari software ini,ini beberapa kutipan dari publishernya :

-Memory caching (if you have plenty of RAM installed);
-Exclude list (the most requested feature);
-Power saving mode;
-More than 4GB cache file size (on NTFS file system only);
-One flash drive use on different computers;
-Unlimited number of files in cache;
-Build cache process improvement (including initial statistics used from XP prefetch information);
-Load balancing mechanism improvements;
-And many small fixes and enhancements;
-And finally 16 new languages added: Portuguese, Ukrainian, Finnish, Czech, Danish, Hungarian, Bulgarian, Polish, Korean, Swedish, Sinhalese, Lithuanian, Arabic, Belarusian, Japanese and Thai.


kita setting dikit dulu ya ...

klik kanan di icon mycomputer,terus pilih properties-->advance-->setting pada performance-->advance-->change-->pilih set-->pilih directory ufd/nama ufd -->pilih no paging file-->sett..finish..restart dulu ya..

nah sekarang kita lakukan penyetingan pada eboostr nya..

install dulu..kalo blm di install yg ga isa dung,,jelir nih download dulu Disini
jalankan --->pilih add--->pilih flashdisknya-->sett full pada "select the cache size ( terserah mau full ato ga )-->ok-->build cache...finish..coba sekarang reastart,,,rasakan bedanya,,,selamat mencoba

Download Eboostr last version
download and enjoy

Advertisement

Related Posts :



Comments

6 comments to "Cara Menambah RAM menggunakan Flashdisk"

debrian said...
January 9, 2009 at 3:56 AM

nice info bro.. baru tw kl ad info ky gt..

My Journey said...
January 10, 2009 at 5:21 AM

waduh... saya gak berani kalo mau nambah RAM sendiri bisa kacau dah..

arton said...
January 10, 2009 at 3:25 PM

boleh dicoba tuh...thanks infonya, lam kenal yah...

EndryBlog said...
January 14, 2009 at 8:57 AM

Debrian @ thanks udah mampir..

Arton @ silahkan di coba bro, salam kenal juga :)

My journey @ kenapa ga berani bro,,:D saya sendiri menggunakan cara ini sudah sejak lama,bahkan sekarang sy menggunakan versi terbaru dari eboostr,performa laptop saya semakin mantap,pada dasarnya sangat aman bro , microsoft sendiri merekomendasikan user vista untuk menggunakan aplikasi readyboost,ya konsep kerjanya sama aja dengan eboostr :) , tapi kalo takut ya ga apa :)

superdedys said...
January 20, 2009 at 4:34 PM

boleh,,,boleh,,,

harryphat said...
February 10, 2009 at 5:05 PM

mantaaapppp :D

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar dan tanggapannya ya,,

 

Copyright 2008 EndryBook@ All Rights Reserved Revolution Two by Brian Gardner Converted by Bloganol | Edited By Endry